Tuesday, November 25, 2014

Cara Reset Konfigurasi MikroTik

Networking ID

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Balik lagi ke tutorial saya. Di tutorial sebelumnya saya sudah membahas tentang cara upgrade dan downgrade versi MikroTik. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara reset konfigurasi di MikroTik.
Sebelum kita membahas cara resetnya, ini beberapa alasan mengapa kita harus reset konfigurasi MikroTik.
–       Pada saat kita lupa username dan password
–       Dan saat konfigurasi terlalu kompleks atau rumit dan perlu di tata dari awal
Cara reset konfigurasi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
  • Hard reset : dengan cara paksa atau reset secara fisik
  • Soft reset : reset melalui software
Langsung saja ke TKP.
Dengan cara hard reset.
–       Khusus RouterBoard memiliki rangkaian untuk reset pada board dengan cara menjumper sambil menyalakan RB, RB akan kembali ke konfigurasi awal/default.


Dengan cara Soft Reset.
–       Pertama yang harus dilakukan adalah, masuk menu system kemudian pilih reset configuration > lalu centang no default configuration.


–          - Keep User Configuration
Reset dan kembalikan ke konfigurasi sebelelumnya.
–          No Default Configuration
Reset dan kembalikan ke Factory Default Configuration
–          Do Not Backup
MikroTik tidak membackup konfigurasi pada proses reset.
Sekian dulu sob, tutorial dari saya. Sampai jumpa lagi di tutorial saya selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment