Tuesday, November 25, 2014

Cara Block Konten Menggunakan Firewall

Networking ID

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Kali ini saya akan membahas tutorial tentang cara block situs. Mungkin sobat semua mengira kalau block situs yang saya buat kali ini menggunakan web-proxy, tapi tutorial ini bukan block situs dengan web-proxy, tapi menggunakan menu firewall di MikroTik.
Okelah, langsung ke TKP saja.
Missal : disini saya akan block situs kompas.com
Membatasi client agar tidak bisa mengakses kompas.com
–          Cari IP server kompas.com.
Gunakan perintah nslookup pada cmd.


Kompas.com mempunyai dua IP :
202.61.133.35, 202.164.4.100
Malihat IP domain dengan cara PING


–          Buatlah file rule
Manu IP > firewall > filter rules
Chain = forward
Dst. Address = 202.61.133.35
202.164.4.100


Action = Drop


Cobalah akses kompas.com dr browser PC, cek pada firewall rule.

Block Menggunakan Address List.
–          Buatlah address list untuk IP kompas.com


–          Buat filter rules untuk drop address address list kompas.com.
Pada tab advance, dst. Address list = <nama address list yang telah di buat>


Gimana sob, sudah mengerti atau belum ??? insyaallah sobat semua pasti sudah ngerti. Oke sob, sampai disini dulu tutorial saya, lanjut di tutorial berikutnya sob. Terimakasih sudah mampir di tutorial saya.
Selamat mencoba dan semoga sukses.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment