Tuesday, November 25, 2014

User Management Pada MikroTik

Networking ID

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Berjumpa lagi sob di tutorial saya. Mungkin sobat semua sudah membaca tutorial saya sebelumnya yaitu tentang NetInstall. Di tutorial saya kali ini, saya akan membahas tentang user management. Okelah, langsung ke topic pembahasan saja.
User login management dapat dilakukan dengan dua cara :
  1. GROUP : profil pengelompokan user, menentukan previllage yang bisa diperoleh suatu user.
  2. USER : merupakan login (username & password suatu user)
Sesi user yang sedang terhubung ke router dapat dilihat melalui menu system > user > active user.


User Login Management > Group
–       Group merupakan pengelompokan hak akses yang akan diberikan kepada user
–       3 default previllage pada Mikrotik : full, read, dan write.


User Login Management > akses
–       Masing-masing user dapat dibatasi hak aksesnya berdasarkan group
–       Masing-masing user juga dapat dibatasi berdasarkan IP address yang digunakan
–       Contoh : si A hanya boleh login dengan IP A, atau hanya boleh dari network A.


User Login Management > service
–       Membatasi service yang bisa diaksesoleh user dan dari ip tertentu
–       Setting konfigurasi, masuk menu IP > services


Itulah tadi sekilas pengetahuan saya tentang uer management di Mikrotik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment