Wednesday, December 17, 2014

Konfigurasi DHCP Server di MikroTik

Networking ID

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Di artikel saya kali ini. Saya akan membahas tentang cara konfigurasi DHCP-server di MikroTik. Mungkin sobat semua sudah tidak asing lagi dengan kata DHCP.
DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol digunakan untuk mempermudah distribusi IP address dalam jaringan. Dalam arti, client tidak perlu memasukkan IP address secara manual, karena sudah otomatis dapat dari DHCP-Server.

Berikut ini cara konfigurasi DHCP-Server.
–       Masukkan IP untuk ether yang akan di buat DHCP-Server
Disini saya memakai IP
2.2.2.2/24 (contoh) ke interface Ether2

 

–       Masuk menu IP > DHCP-server > DHCP setup


–      Setting parameter DHCP setup

 

–       Jika sukses, akan muncul seperti ini

 

–       Sekarang ubahlah Konfigurasi IP address dan DNS pada pc menjadi otomatis atau ‘obtain an IP address automatically’ dan ‘obtain DNS server address automatically’

 

–       Cek pada laptop, apakah sudah mendapatkan IP address dari DHCP

 

–       Lakukan tes ping ke DHCP server dan ke internet

 

DHCP server sudah berhasil di buat.

Sekian dulu sob, tutorial dari saya. terimakasih sudah mampir di tutorial saya. jangan lupa mampir lagi di tutorial saya selanjutnya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment