Tuesday, March 22, 2016

Cara Install Proxmox VE

Kali ini saya coba buat tutorial yang sedikit berbeda yaitu tentang virtualisasi menggunakan proxmox. Gak perlu dijelaskan lagi karna penjelasan proxmox sudah banyak sekali di google.
Tutorial ini Cuma sebatas menjelaskan bagaimana instalasi dan remote proxmox, untuk cara membuat VM (virtual machine) di proxmox ada di tutorial selanjutnya.

Dan satu lagi, saya disini menggunakan aplikasi VM Ware untuk instalasi proxmox. Untuk setting di VM Ware saya skip dulu dan langsung install

Diatas adalah tampilan awal Proxmox VE 4.1. ada beberap pilhan diatas, langsung saja pilih (enter) install proxmox VE 

End user license agreement. Silahkan dibaca jika ingin membaca, karena saya males baca (apalagi bahasa inggris :D) langsung agree saja

Di tahap ini adalah instalasi. Yang perlu diketahui, proxmox tidak menyediakan menu partisi manual jadi dia (proxmox) otomatis menyesuaikan pembagian ruang sesuai kapasitas hardisk

Masukkan password yang nantinya digunakan untuk akses masuk proxmox

Pilih zona waktu. sesuaikan dengan lokasi saat ini dan saya pilh Indonesia karna saya di Indonesia #gakjelas :v

Masukkan IP, Netmask, Gateway, dan DNS 

Proses intalasi. Memang prosesnya gak begitu lama tapi cukup kok untuk menghabiskan secangkir kopi :D 

Nah, sudah selesai. Tinggal reboot dan beres

Tampilan awal proxmox. Disitu terlihat IP untuk konfigurasi proxmox, sesuaikan dengan ip yang dipakai. Untuk pve login biasanya menggunakan root

Proses instalasi dah beres, sekarang saya coba akses proxmox menggunakan browser chrome (yang saya pakai). Dan jangan lupa setting network adapter di VM Ware nya juga

Ubah ke VMnet1 (Host-Only)

Ganti IP interface VM Net 1 jadkan 1 (satu) range dengan IP yang digunakan server proxmox

Your Connection is not private. Langsung klik advanced dan continue

Login sebagai root dan masukkan password

Ini dia tampilan awal proxmox VE

Sampai disini dulu tutorial cara instalasi proxmox VE. Untuk cara membuat VM di proxmox ada disini (baca : Create VM "Virtual Machine" Proxmox )

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


9 comments:

  1. halaman selanjutnya page not found gan

    ReplyDelete
  2. gan kira kira kenapa ya saya ga bisa ccreate cluster?

    ReplyDelete
  3. pas di root@pve tu gimanalagi gan,apa yangharus kita ketik disini

    ReplyDelete
  4. gan kenapa pas instal proxmox malah black screen yah ga keluar licence aggrement nya?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. itu ip address yg diisi pas nginstall proxmox itu ip jaringan nya atau di atur static?mohon dijawab

    ReplyDelete