Monday, June 1, 2015

Network Fundamental

Assalamualaikum. Wr, Wb.

Selamat malam sob, kali ini saya akan membahas artikel tentang jaringan dasar. bagi sobat yang baru pertama kali terjun ke dunia networking, ini ada sedikit artikel yang insyaAllah membantu sobat semua .
baik sob, langsung ke TKP saja ..
Ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Diantaranya :
  1. Apa jaringan komputer itu ?
  2. Apa saja manfaat jaringan komputer ?
  3. Jenis-jenis jaringan komputer ?
  4. Tipe kabel yang digunakan di jaringan komputer ?
  5. Topologi jaringan Komputer ?

  1. Jaringan komputer
Secara garis besar, jaringan komputer merupakan dua atau lebih komputer yang saling terhubung baik secara langsung (peer-to-peer) maupun terhubung secara global (internet).

  1. Manfaat jaringan komputer
  • Berbagi perangkat keras (hardware)
Kita bisa berbagi perangkat keras (hardware) dari komputer satu ke komputer lain dalam satu jaringan komputer.
Contoh : Biasanya kita bisa melihat manfaat jaringan komputer ini jika kita pergi ke WARNET (warung internet). Warnet pasti punya satu printer yang digunakan oleh semua client. Hal ini dapat mempermudah client untuk mencetak dokumen tanpa harus terhubung langsung dengan printer.
  • Berbagi saluran komunikasi (internet)
Dalam satu jaringan komputer, kita bisa berbagi akses internet dari komputer satu ke komputer lain.Contoh : ada dua komputer saling terhubung (peer-to-peer). Komputer A bisa akses internet karena langsung terhubung modem, komputer A bisa langsung berbagi internet ke komputer B melalui media kabel maupun wireless.
  • Berbagi sumber daya/pertukaran data dengan mudah
Berbagi data dalam satu jaringan komputer adalah hal yang biasa. Karena hal ini sangat sering dan sangatlah mudah dilakukan.
Contoh : dalam jaringan LAN (misal : satu lab. Komputer) ada salah satu client yang ingin membagikan sebuah file ke semua komputer client dalam lab tersebut. Jika kita membagikan file tersebut satu per satu ke komputer client, akan memakan banyak waktu untuk membagikan file tersebut. Agar tidak memakan banyak waktu, kita bisa share file tersebut ke dalam satu jaringan lab komputer tadi. Sehingga setiap client bisa langsung mengambil file tersebut.
  • Mempermudah komunikasi antar pengguna jaringan.
Dengan adanya jaringan komputer akan mempermudah kita dalam berkomunikasi.


Contoh : dalam suatu jaringan komputer sudah mempunyai akses internet. Dengan adanya internet tersebut komunikasi antar pengguna akan sangat mudah. Komunikasi tersebut bisa melalui media e-mail atau media lain.

  1. Jenis-jenis jaringan komputer
Jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauan/jarak :

  • LAN (Local Area Network)
Local Area Network. Jarak yang ditempuh oleh jaringan ini maksimum 10 km. Contoh dari jaringan LAN adalah seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, warnet, dsb.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network. Jarak yang bisa ditempuh oleh jenis jaringan ini mencapai radius antara 10-100 km. Contohnya seperti jaringan depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall modern yang saling berhubungan antar kota.
  • WAN (Wide Area Network)
Wide Area Network. Radiusnya mencakup Negara dan benua. Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkan di dalam tanah maupun melewati jalur laut.

Jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya :

  • Client – Server
Merupakan jaringan komputer yang terdiri dari lebih dari dua komputer dan dikhususkan sebagai client dan server. Ada satu komputer yang bertindak sebagai server dan yang lainnya sebagai client.
  • Peer-to-Peer
Merupakan jaringan komputer yang setiap hostnya bisa menjadi sebuah server ataupun menjadi cliet secara bersamaan. Setiap komputer bisa menjadi server maupun client.

  1. Tipe pengkabelan dalam jaringan komputer
Sebenarnya tipe pengkabelan disini sangat banyak. Akan tetapi kita akan membahas 2 tipe kabel saja, karena kabel tersebut yang bisa digunakan di perangkat MikroTik.
  • Twisted Pair Ethernet
Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded (STP dan UTP). Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.

Pada twisted pair (10 BaseT) network, komputer disusun membentuk suatu pola star. Setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB/SWITCH. Twisted pair umumnya lebih handal.

  • FIBER OPTIC


Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.


         V. Topologi Jaringan


Topologi jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan, yang meliputi server, workstation, hub dan pengkabelannnya.

Jenis-jenis topologi jaringan :
  • Star
  • Bus
  • Ring
  • Mesh
  • Tree, dsb

  1. STAR
Kelebihan :
+ fleksibel
+ deteksi kesalahan mudah
+ jika salah satu node down, tidak akan mengganggu node lain
Kekurangan :
- boros kabel
- sangat bergantung kepada konsentrator
- jika konsentrator mati, jaringan down
- trafik data lambat


  1. BUS
Kelebihan :
+ hemat kabel
+ layout sederhana(mudah pemasangan)
Kekurangan :
- deteksi kesalahan sulit
- kepadatan trafik data di jalur utama
- Jika satu jalur putus, seluruh jaringan down
- rawan collision data


  1. RING

Kelebihan :
+ desain jaringan mudah dan sederhana
+ tidak membutuhkan banyak kabel
+ tidak akan terjadi collision data
Kekurangan :
- setiap node dapat mengakses semua file tanpa filter
- jika satu node mati, seluruh jaringan down


  1. MESH
Kelebihan :
+ transfer data lebih cepat
+ privacy terjamin
+ memudahkan identifikasi masalah
Kekurangan :
- membutuhkan banyak kabel
- instalasi dan konfigurasi sulit
- perlu space lebih dalam ruangan


  1. TREE
Kelebihan :
+ mudah menambahkan node baru
+ mudah dikembangkan
Kekurangan :
- rawan terjadi collision data
- membutuhkan banyak kabel
- jika node atas rusak, maka node di bawahnya down




Demikian tadi sob, sedikit pembahasan tentang jaringan dasar. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

3 comments: