Wednesday, May 6, 2015

Semua berawal dari "Yakin" 3

Assalamualaikum Wr. Wb.

Akhirnya sampai juga di Cileungsi, tepatnya di rumah belajar IDN. Hari pertama pun dimulai, pas dzuhur saya dibangunkan untuk shalat berjamaah di masjid. Saya langsung berangkat ke masjid.

                Sore hari, sekitar jam 4 sore ternyata ada temen pesantren baru yang datang. Semua berkumpul, awalnya ada 6 orang yang di terima di pesantren networkers ini tetapi ternyata Cuma 2 orang yang datang. Ya sudahlah, keesokan harinya saya baru dapat materi subnetting dari mas ALI dan mas BRAMS. Setelah dijelaskan panjang lebar sorenya ternyata pak dedi menyuruh kita berkumpul.

                Saat itu kita disuruh memperkenalkan diri masing-masing, setelah saya dan temen saya memperkenalkan diri, ternyata pak dedi menilai diri saya saat berkenalan dan dikasih masukan agar saat bertemu orang jangan ada rasa ragu ataupun gugup. Ya mau gimana lagi, perkenalan pertama memang sangat gugup. Hehe


                Disaat itu ada hal yang membuat saya kaget, pak dedi memberi kita tugas agar menyelesaikan materi MikroTik MTCNA dalam waktu 3 hari dan juga MikroTik MTCRE dalam waktu 2 hari, total jadi 5 hari full MTCNA dan MTCRE. 5 hari setelahnya resume semua materi yang di pelajari sebelumnya.

 Nah lho, gimana gak kaget. Pegang perangkat yang namanya mikrotik aja belum pernah sama sekali, gimana nanti belajar dua materi tersebut hanya dalam waktu 5 hari. Ditambah resume materi MTCNA dan MTCRE. Hmmm …

Keesokan harinya langsung kebut materi MTCNA, mulai dari pengenalan perangkat mikrotik dan sebagainya. Biasanya kalau di mojokerto jam 8 malam saya sudah tidur, tetapi disini beda. Malam haripun masih melanjutkan materi. Kalau menurut saya dulu ini ‘maksa’ tapi ini adalah ilmu baru yang saya pelajari. MikroTik juga tidak terlalu membosankan karena ada yang namanya aplikasi winbox untuk remote MikroTik tersebut. Kalau waktu SMK masih belajar Debian-Server dengan tampilan full CLI yang sangat membosankan.

Lama kelamaan ternyata belajar MikroTik sangat menyenangkan. 3 hari materi MTCNA sudah selesai walaupun tidak semua saya mengerti, hehe. Dilanjut 2 hari materi MTCRE yang juga tinggal melanjutkan materi MTCNA.

5 hari sudah selesai, begitu juga materi MTCNA dan MTCRE juga sudah beres. 5 hari selanjutnya resume kedua materi tersebut. Oh iya, ini jadwal saya saat pertama di Pesantren Networkers.

04.00                  : Bangun + Shalat Subuh berjamaah di masjid
04.00 – 06.00      : Mengaji/Dzikir pagi di masjid
06.00 – 09.00      : Mandi + Makan pagi
09.00 – 12.00      : Materi
12.00 – 13.00      : Shalat Dzuhur berjamaah di masjid + makan siang
13.00 – 15.00      : Materi
15.00 – 15.30      : Shalat Ashar berjamaah di masjid
15.00 – 17.30      : Materi
18.00 – 19.30      : Shalat Magrib + Mendengarkan kajian di masjid + Shalat Isya’
19.30 – 20.00      : Makan Malam
20.00 – 22.00      : Materi
22.00                  : Tidur  

Itu jadwal pertama saya di Pesantren Networkers.

Materi MTCNA dan MCTRE sudah selesai begitupun dengan resuma materi juga sudah selesai. Kemudian kita disuruh berkumpul lagi. Tugas tidak selesai di situ. Saat berkumpul itu kita dikasih tugas lagi, yaitu membuat 50 tutorial dalam waktu sekitar 2 minggu. Nah lho, 2 minggu 50 tutorial ? gimana menurut sobat semua.

Setelah itu langsung kebut lagi membuat tutorial. Setiap hari saya membuat 3-4 turorial. Dan dalam waktu sekitar 2 minggu sudah selesai 50 tutorial. Saat SMK dan di pesantren networkers ini sangatlah beda, di SMK hanya dari pagi sampai sore. Tetapi disini dari pagi sampai malam/FULL DAY. Ilmu yang saya dapat juga lebih banyak disini, hanya dalam waktu sekitar 1 bulan sudah sangat banyak yang saya dapat.

Nah, itu tadi sob bulan pertama di Pesantren Networkers. Dengan jadwal padat, Ilmu yang kita dapat juga sangat banyak.
Oke, sampai disini dulu cerita kali ini.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment